Pages

Perbedaan Jig dan Fixture Bukan Hanya Masalah “Sebutan”

Mungkin banyak kalangan berpendapat bahwa Jig dan Fixture adalah dua hal yang sama, namun sesungguhnya 2 hal tersebut memiliki beberapa perbedaan mendasar dari fungsinya. Berikut ini adalah perbedaan dari Jig dan Fixture.


JIG

Mengarahkan/menjaga gerakan tool sesuai dengan tuntutan produk. Dalam hal ini posisi benda kerja tidak begitu diperhatikan karena sudah terwakili dengan gerakan tool yang konstan.
Contoh jig sederhana untuk memudahkan memahami cara kerja dan pengertian JIG

1. penggaris
contoh jig

benda kerja : kertas
tool : pena
fungsi utama : membuat garis lurus
penjelasan : penggaris mengarahkan gerakan pena sesuai dengan tuntutan yaitu gerakan lurus sehingga terbentuklah sebuah garis lurus.

2. alat sablon

benda kerja : kaos/kain
tool : cat sablon
fungsi utama : membuat pola/gambar warna tertentu pada kaos/kain
penjelasan : alat sablon (yang berupa jaring/ saringan yang sangat lembut) meneruskan aliran cat ke kain dengan pola tertentu sehingga cat dapat menempel pada kain dan membentuk suatu pola. Alat sablon sudah dibuat sedemikian rupa sehingga hanya beberapa bagian saja yang bisa dilewati cat. Bagian inilah yang membentuk sebuah pola pada kain.

Kesimpulannya jig adalah pengarah suatu alat (subjek) dengan konstan kepada suatu material/komponen/benda (objek) dengan tujuan tertentu.


FIXTURE

menjamin satu atau lebih part akan selalu menempati posisi yang sama setiap kali dilakukan pemasangan (loading) supaya tool (subjek) yang sudah disetting gerakannya bisa melakukan proses dengan benar. Dalam hal ini fixture tidak menjaga gerakan tool karena diasumsikan tool sudah bergerak secara konstan, misal cutting tool pada CNC milling, torch pada robot welding dan sebagainya.
Contoh FIXTURE sederhana untuk memahami apa itu Fixture:

1. Profil kerucut/corong dispenser

contoh jig
Benda kerja : galon
Tool : dispenser
Fungsi utama : memastikan galon dapat mengalirkan air minum ke dalam dispenser
Penjelasan : Profil kerucut membuat galon air minum selalu terpasang pada tempatnya dengan menggunakan profil yang mengerucut sehingga air dapat mengalir ke dispenser.

2. Pengarah kertas pada printer

Benda kerja : kertas
Tool : printer
Fungsi utama : menjaga posisi kertas tetap lurus saat printing
Penjelasan : Pengarah kertas pada printer membuat posisi kertas selalu stabil dan lurus ketika printing. Tanpa pengarah kertas, posisi kertas dapat berubah tak beraturan sehingga hasil print menjadi tidak sesuai kebutuhan.
Kesimpulan yang bisa diambil adalah fixture lebih menjaga kestabilan posisi benda kerja pada setiap proses loading/ pasang.

Dari pemabahasan di atas terlihat jelas bahwa jig dan fixture adalah 2 jenis alat bantu produksi yang berbeda. Namun demikian, tidak ada aturan baku yang mengatur hal tersebut. Sehingga dalam penerapannya, bisa saja kedua kata tersebut digunakan untuk satu maksud yang sama selama dapat dimengerti satu sama lain.


Disclaimer : Artikel ini hanya bertujuan untuk memaparkan arti kata Jig dan Fixture secara harafiah, penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan artikel ini adalah wajar dalam realita lapangan saat ini. (penulis)